PERBEDAAN KEPRIBADIAN
Disusun Oleh :
Fuad Hasim Nim : 1401028
|
STKIP MAJENANG
TAHUN 2015
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah,
Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini
dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana.
Harapan saya semoga makalah ini
membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya
dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih
baik.
Makalah ini saya akui masih banyak
kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu
saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang
bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR ...................................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN ................................................................................ 1
A. LATAR BELAKANG ................................................................................. 1
B. RUMUSAN
MASALAH ............................................................................. 1
C. TUJUAN
PENULISAN ............................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN .................................................................................. 2
A. PENGERTIAN
KEPRIBADIAN ................................................................ 2
B. FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN ........ 2
C. PERBEDAAN
KEPRIBADIAN ................................................................. 3
BAB III PENUTUP
.......................................................................................... 4
SIMPULAN .................................................................................................. 4
DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................... 5
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Seseorang
mempunyai kepribadian yang berbeda satu dan lainya. Perbedaan kepribadian
menyebabkan adanya perbedaan perilaku dalam proses kegiatan belajar pula.
B. RUMUSAN
MASALAH
Dari latar belakang diatas didapatkan rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Apakah
yang dimaksud kepribadian?
2.
Apakah
yang dimaksud dengan Perbedaan Kepribadian?
C. TUJUAN
PENULISAN
Secara umum, tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk
mengetahui tentang kepribadian.
2.
Untuk
mengetahui tentang Perbedaan Kepribadian.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN KEPRIBADIAN
Kepribadian adalah pola perilaku dan cara berpikir
yang khas yang menetukan penyesuaian diri seseorang terhadap lingkungan
(Atkinson, dkk, 1996).
Berbicara kepribadian kita harus membicarakan
temperament, sifat, karakter, kebiasaan.
·
Temperament adalah gejala karakteristik
dari setiap emosi individu, termasuk juga mudah atau tidaknya terkena
rangsangan emosi, kekuatan serta kecepatannya beraksi, kualitas kekuatan
suasana hatinya dan gejala ini tergantung kepada faktor konstitusional dan
terutama berasal dari keturunan.
·
Sifat/trait adalah sistem neuropsikis
yang digeneralisasikan dan diarahkan dengan kemampuan untuk menghadapi
bermacam-macam perangsang secara sama, serta melalui membimbing tingkah laku
adaptif dan ekspresif secara sama.
·
Watak atau karakter lebih bersifat
stabil, herediter atau bawaan dan bersifat normatif.
·
Kebiasaan adalah sama dengan trait hanya
perbedaan situasi yang dicocoki atau direspon yang terjelma dari kondisi itu.
B.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI KEPRIBADIAN
Faktor sikap, bakat, kecakapan, minat dan perasaan
(instrinsik faktor) sangat berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian seseorang.
Juga kebutuhan dan motivasi serta tujuan seseorang berperilaku sangat
menentukan kepribadian seseorang. Demikian pula dengan persepsi seseorang.
Faktor ekstrinsik atau faktor yang datangnya dari luar seperti; sosialisasi
seseorang (hubungan inter atau antar personal). Faktor budaya, nilai, ideologi,
politik, dan Hankam akan pula berpengaruh terhadap kepribadian. Karena
kepribadian seseorang itu berkembang dan dinamis maka dapat berubah atas
pengaruh faktor belajar, pengalaman, instrospeksi dan tingkat energi dalam
tubuh ( faktor Biologis).
C.
PERBEDAAN KEPRBADIAN
Seseorang mempunyai kepribadian yang berbeda
satu dan lainya. Perbedaan kepribadian menyebabkan adanya perbedaan perilaku
dalam proses kegiatan belajar pula. Terdapat berbagai model untuk menunjukkan
perbedaan kepribadian, salah satunya yaitu model big five.
Dalam model big five kepribadian dikelompokkan
menjadi lima dimensi.
1. Extroversion.
Siswa dengan kepribadian ini menyukai belajar dengan berkelompok. Mereka sangat
antusias dalam diskusi kelompok. Sedangkan siswa introvert cenderung
menyukai belajar seorang diri. Bukan karena menarik diri dari pergaulan, namun
siswa tipe ini membutuhkan keadaan yang tenang untuk menyerap materi pelajaran.
2. Agreeableness. Siswa
jenis ini senang bergaul dengan orang lain dan terbuka dengan pendapat orang
lain. Sedangkan disagreeable akan mempertahankan pendapatnya sendiri.
Dalam proses belajar matematika siswadisagreeable dapat menunjukkan sikap
kritisnya. Misalnya saat mengerjakan soal yang berbentuk pembuktian, jika siswa
disagreeable merasa dirinya benar, ia akan mempertahankan jawabannya dengan
membuktikan kebenarannya. Siswa ini hanya dapat menerima jawaban lain apabila
jawabannya terbukti salah dengan dalil-dalil yang sudah ada. Sedangkan siswa agreeable
kemungkinan menerima semua jawaban tanpa mencoba membuktikan dulu apakah
jawaban itu benar atau salah.
3. Concientiousness. Berkaitan
dengan cara seseorang mengontrol, mengatur dan memerintah inpuls. Anak yang
conscientious akan menghindari kesalahan, mempunyai tujuan yang jelas dan gigih
demi mencapai tujuan yang diinginkannya. Sedangkan unconcientious kurang
berambisi, tidak terikat dengan tujuan yang harus dicapai. Siswa conscientious
cenderung serius dan bersungguh-sungguh dalam belajar demi mencapai target
prestasi yang terbaik. Namun hal ini menyebabkan hubungan dengan sesama
temannya terlihat kaku karena terpaku pada belajar saja. Sedangkan siswa
unconcientious lebih luwes dalam bergaul namun kurang dapatserius dalam
belajar.
4. Stabilitas
emosional. Neoriticism merujuk pada kecenderungan untuk mengalami emosi
negatif. Siswa yang mempunyai neoriticism yang tinggi akan mudah terpancing
oleh hal-hal yang kecil. Mereka mudah terganggu pada saat belajar sehingga
menyebabkan bad mood dan akhirnya mengganggu proses belajar. Siswa yang tingkat
neoriticism nya rendah dapat mengontrol emosi dengan baik sehingga tidak mudah
terganggu oleh hal-hal kecil.
5. Openness
to experience. Kepribadian siswa yang terbuka dengan hal-hal yang baru dan
mau mencoba. Berani mengambil resiko demi menjawab keingintahuan mereka. Dalam
pembelajaran, siswa dengan tipe ini tidak cepat puas dengan apa yang mereka
dapatkan di pelajaran. Siswa akan mencoba soal-soal yang baru, mencari
rumus-rumus baru yang berkaitan dengan topic yang sedang mereka pelajari.
Sedangkan siswa pada umumnya mugnkin hanya menerima apa yang mereka dapat saja.
BAB III
PENUTUP
SIMPULAN
Kepribadian adalah pola
perilaku dan cara berpikir yang khas yang menetukan penyesuaian diri seseorang
terhadap lingkungan. Faktor
sikap, bakat, kecakapan, minat dan perasaan (instrinsik faktor) sangat
berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian seseorang. Juga kebutuhan dan
motivasi serta tujuan seseorang berperilaku sangat menentukan kepribadian
seseorang. Demikian pula dengan persepsi seseorang. Faktor ekstrinsik atau
faktor yang datangnya dari luar seperti; sosialisasi seseorang (hubungan inter
atau antar personal). Faktor budaya, nilai, ideologi, politik, dan Hankam akan
pula berpengaruh terhadap kepribadian. Karena kepribadian seseorang itu
berkembang dan dinamis maka dapat berubah atas pengaruh faktor belajar,
pengalaman, instrospeksi dan tingkat energi dalam tubuh ( faktor Biologis). Seseorang mempunyai kepribadian yang
berbeda satu dan lainya. Perbedaan kepribadian menyebabkan adanya perbedaan
perilaku dalam proses kegiatan belajar pula
DAFTAR PUSTAKA
http://www.pustakasekolah.com/pengertian-kepribadian.html
http://mathenme.blogspot.com/2014/11/makalah-psikologi-pendidikan-perbedaan.html
♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ ♣ ♦ ♠ ♥
BalasHapusKami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari LegendaQQ 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99 - BandarQ - Poker - AduQ - Capsa Susun - Bandar Poker - Sakong Online - Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : Legendaqq
- WA : +855964987960